Tren Selfie Kini Berganti Alinea ke Groufie

Take-a-selfie

Gambar diambil dari Si Google…

Berfoto dengan objek diri sendiri atau dikenal dengan istilah selfie adalah fenomena sosial yang tengah berkembang hingga menjadi sebuah tren saat ini. Ya, tren selfie. Nggak sedikit orang yang mengabadikan momen mereka dengan sebuah kamera ponsel atau DSLR sekalipun lalu mengunggahnya ke berbagai perangkat media sosial, seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan lain-lain. Istilah ‘selfie’ sendiri berasal dari kata dalam bahasa Inggris, yakni kata ‘selfportrait’. Kata tersebut memiliki arti berfoto dengan objek diri sendiri—yang kemudian lambat laun penggunaan istilahnya semakin melebar.

o-GIRL-SELFIE-facebook

Gambar ini diambil dari Si Google

Seiring dengan perkembangannya, istilah selfie sering bercampur makna dengan groufie, yaitu berfoto yang dilakukan secara bersama-sama atau grup; semisal dengan teman-teman. Kedua metode berfoto ini jelas berbeda. Jika selfie objeknya adalah diri sendiri, maka groufie objeknya lebih dari satu orang (berkelompok), meskipun keduanya sama-sama memuat gambar diri kita sendiri.

Belakangan ini, tren istilah selfie mulai berkurang intensitas penggunaannya di Indonesia. Sekarang justru muncul istilah groufie. Mungkin saja tren ini muncul karena kecenderungan pola masyarakat Indonesia yang suka berkumpul atau berkelompok. Apalagi buat kaula muda di Indonesia, “Daripada foto sendirian dan dibilang narsis, ya, mending foto bareng-bareng sama temen-temen.” Begitulah kira-kira ucap salah seorang teman pada saya.

Dan memang pada akhirnya, kecenderungan itu telah menciptakan istilah groufie (group=groupie). Hmm…, mau berfoto dengan saya? 🙂

Iklan

One thought on “Tren Selfie Kini Berganti Alinea ke Groufie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s